DPMD Konsel Bakal Dorong Pengelolaan BUMDes untuk Pulihkan Ekonomi di Desa

  • Bagikan

ANDOOLO, BKK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), bakal mendorong pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk membantu pemulihan ekonomi di desa akibat coronavirus disease 2019(Covid-19).

Hal itu dikatakan Kepala DPMD Konsel Anas Mas’ud saat di temui di ruang kerja pekan lalu.

Ia mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan review, moniroring dan evaluasi (monev). Gunanya, untuk mengetahui seperti apa kondisi BUMDes di Konsel.

“Saya berharap DPMD bisa melakukan intervensi dalam hal pendampingan dengan target BUMDes yang ada, agar dapat berjalan secara normal. Bahkan mampu mendorong peningkatan ekonomi di desa,” harap Anas.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga akan membenahi data-data terkait desa. Sehingga, kata dia, pemanfaatan dana desa (DD) Tahun 2022 dapat terkelola secara baik sesuai peruntukannya.

“Sesuai kebijakan Bupati Konsel untuk penggunaan DD yakni mendorong implementasi BUMDes. Kemudian mendanai sektor pertanian produktif. Serta menciptakan desa digital,” ujar mantan Kadis Kominfo Konsel itu.

Untuk kebijakan pusat, kata dia, DD diprioritaskan penggunaannya 40℅ dialokasikan untuk BLT, 8℅ penanganan Covid-19, 20℅ ketahanan pangan dan hewani, dan 32℅ untuk pemulihan ekonomi. (ril/nir)

  • Bagikan