Bupati Konsel Ingin Buat Sistem Aplikasi Aduan Masyarakat

  • Bagikan

Surunuddin Dangga.

ANDOOLO, BKK- Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berencana mempercepat penyerapan keluhan dan aduan masyarakat dengan membuat sistem aplikasi aduan masyarakat.

“Saya akan perintahkan segera Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo-Sandi) Konsel untuk segera menciptakan aplikasi tersebut,” kata Bupati Surunuddin Dangga, baru-baru ini.

“Makanya, tahun ini kita coba seluruh kecamatan agar sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) segera terintegrasi hingga ke pelosok-pelosok desa,” terangnya.

Aplikasi ini, sambung dia, nantinya menampung pengaduan layanan publik dari masyarakat, yang terintegrasi dengan seluruh lembaga instansi pemerintahan, baik yang ada di dinas maupun di kecamatan.

“Jadi, masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten bisa menjangkau lewat aplikasi tersebut, seperti dari kecamatan Laonti, Kolono, Ranomeeto, dan lainya,” tambahnya.

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel ini mengajak seluruh elemen untuk berkomitmen bersama, mengimplementasikan terobosan tersebut agar pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat dapat ditindaklanjuti.

“Setiap pengaduan masyarakat bisa dalam aplikasi ini dan dapat dipantau apakah sudah ditindaklanjuti atau belum,” sebutnya.

“Masyarakat bisa mengadukan segala jenis permasalahan terkait pelayanan publik di Konsel. Jadi, ini yang disebut SPBE secara utuh bukan hanya pengelolaan pemerintahan melainkan masyarakat dimudahkan,” ucap bupati 2 periode.

Dan ini juga, tambah dia, nantinya akan menjadi evaluasi bagi para kadis yang tidak patuh dalam menindaklanjuti aduan masyarkat.

“Sistem ini juga nantinya kita bisa tahu kepala dinas mana yang tidak patuh, yang pantas diberi sanksi,” pungkasnya. (ril/iis)

  • Bagikan