6 Daerah di Sultra Berpotensi Hujan Lebat

  • Bagikan

Kendari, BKK- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut sebanyak 6 daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie melalui keterangan tertulis menjelaskan, Minggu (6/2), keenam daerah tersebut yakni Kabupaten Muna, Konawe Selatan, Bombana, Buton Utara, Buton Tengah, dan Kolaka Timur.

“Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di keenam daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” katanya.

Di Kabupaten Muna potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Wakorumba Selatan, Kabawo, Bone, Tongkuno, Tongkuno Selatan yang dapat meluas ke Kecamatan Napabalano, Maligano, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Parigi, Pasir Putih, Marobo, Pasi Kolaga, dan Batukara.

“Untuk di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan dapat terjadi di satu kecamatan yaitu Tinanggea,” ujarnya.

Lalu di Kabupaten Bombana potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Rarowatu, Rarowatu Utara, Lantari Jaya dan Mata Usu yang dapat meluas ke Poleang, Poleang Timur, Rumbia, Kabaena, Kabaena Timur, Poleang Barat, Mata Oleo, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Poleang Tengah dan Tontonunu.

Kemudian, di Kabupaten Buton Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Bonegunu yang dapat meluas ke Kulisusu, Kambowa, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara.

Potensi hujan sedang hingga lebat di Kabupaten Buton Tengah dapat terjadi di Kecamatan Lakudo, Gu yang dapat meluas ke Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, Mawasangka dan Talaga Raya.

Sementara potensi hujan dapat terjadi di Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Tirawuta, Loea, Lambandia, Lalolae, Mowewe, Tinondo, Aere yang dapat meluas ke Ladongi, Polipolia dan Dangia.

BMKG menyatakan kondisi ini berpotensi meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka, Buton, Konawe Kepulauan, Buton Selatan dan Kota Baubau.

BMKG mengimbau seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin. (ara/iis)

  • Bagikan