Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UHO Usulkan Sertifikasi ISO-17025

  • Bagikan

Prof Marsuki Iswandi.

KENDARI, BKK- Laboratorium jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (FP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bakal mengusulkan sertifikasi International Organization for Standarzation (ISO)-17025.

ISO- 17025 adalah standar internasional untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi. Di sebagian negara-negara besar, ISO-17025 adalah standar akreditasi untuk dianggap kompeten secara teknis.

Dekan Fakultas Pertanian UHO Prof Marsuki Iswandi mengatakan, ISO- 17025 memiliki dua klausa kunci yakni persyaratan manajemen yang terkait dengan kinerja dan efisiensi sistem manajemen mutu di dalam laboratorium.

Kedua, persyaratan teknis yang berfokus pada kompetensi pegawai, metodologi pengujian, peralatan, serta hasil pengujian dan kalibrasi.

“Pengusulan Laboratorium Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UHO menjadi ISO- 17025, baru mau pertama kali diusulkan tahun ini,” ujarnya, Selasa (8/2).

Marsuki menuturkan, apabila laboratorium ini lulus sertifikasi     ISO-17025 maka nanatinya dipastikan sudah bisa menerima sampel tanah dari luar kampus.

“Jelas pengusulannya tahun ini, saya sudah sampaikan kepada Kepala Laboratorium Ilmu Tanah untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk menggelar rapat-rapat kecil untuk mempersiapkan sertifikasi ISO- 17025,” tuntas Marsuki. (din/man)

 

 

 

 

  • Bagikan