Pemkab Konsel Siapkan Dana Rp1,3 Miliar untuk Pilkades Serentak 2022

  • Bagikan

Anas Mas’ud.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menyiapkan dana sebesar Rp1,3 miliar, untuk menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konsel Anas Mas’ud menjelaskan, total anggaran Pilkades dari 86 desa yang akan melaksanakan pemilihan sebesar 1,3 miliar.

“Besaran itu sudah mencukupi untuk melaksanakan pilkades, sebab semua kebutuhan sudah terurai, semua sudah klop disitu termaksud uang pengamanan,” jelas Anas Mas’ud saat dikonfirmasi telepon genggamnya, Jumat, (11/2).

Anas menambahkan, adapun untuk uraian alokasi bantuan keuangan desa untuk panitia pilkades perdesa yakni untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di bawah 1.000 wajib pilih sebesar Rp15.500.000.

“Sementara untuk wajib pilih dengan DPT di atas 1.000 wajib pilih itu sebesar Rp18.300.000,” sebutnya.

Mantan Kadis Kominfo ini mengatakan, pada prinsipnya DPMD Konsel siap memfasilitasi, agar pelaksanaan pilkades serentak tahun ini sukses.

“Adapun untuk tahapan pencairan anggaran pilkades, itu akan mulai dilaksanakan setelah tahapan pembekalan panitia berdasarkan rekomendasi dari DPMD,” ucap mantan Kabag Pemerintahan Setda Konsel ini.

Terkait kesiapan anggaran di Kas Daerah (Kasda), Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel Mujahidin, melalui Kepala Sub-Bagian (Kasubag) Perbendaharaan Hamzad menegaskan bahwa anggaran dana pilkades tahun ini sebesar Rp1.349.800.000 sudah siap.

“Kalau anggarannya itu siap, sumber dananya dari Dana Alokasi Umum (DAU). Namun untuk pencairannya kami menunggu rekomendasi dari DPMD,” singkat Hamzad.

Diketahui, 86 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2022 tersebar di 24 kecamatan di Konsel. Yakni, Kecamatan Andoolo Sebanyak 2 Desa, Andoolo Barat Sebanyak 1 Desa, Angata 5 Desa, Basala 2 Desa, Baito 1 Desa, Benua 1 Desa, Buke 1 Desa, Kolono Timur 2 Desa, Konda 7 Desa, Laeya 2 Desa, Lalembu 5 Desa, Landono 7 Desa, Laonti 13 Desa, Moramo 3 Desa, Moramo Utara 3 Desa, Mowila 9 Desa, Palangga 1 Desa, Palangga Selatan 1 Desa, Ranomeeto 5 Desa, Ranomeeto Barat 2 Desa, Sabulakoa 7 Desa, Tinanggea 2 Desa dan Wolasi 3 Desa. (ril/nir)

  • Bagikan