Sulkarnain: Ketersediaan Bahan Pokok Menjadi Kewajiban Pemerintah

  • Bagikan

Sulkarnain Kadir.

KENDARI, BKK- Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga sudah menjadi salah satu tugas dan kewajiban pemerintah. Tak terkecuali maslah kelangkaan minyak goreng yang saat ini tengah menjadi masalah sosial masyarakat.

“Sebenarnya kalau ada inisiatif membuat minyak goreng, itu bagus, untuk mengurangi ketergantungan kita. Tetapi sebagai kewajiban pemerintah untuk menstabilkan harga dan menyiapkan stok kebutuhan pangan itu pasti dilakukan,” ujar Sulkarnain, Minggu (13/3).

Ia memastikan, pemerintah tidak tinggal diam akan situasi yang terjadi sekarang. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh distributor dan beberapa pihak termasuk Bulog.

“Mereka nanti ini diharapkan bisa melakukan intervensi, memperpendek jalur distribusi atau bahkan mungkin bisa mensubsidi harga yang nanti kalau sudah sampai di masyarakat itu bisa lebih terjangkau,” katanya.

Sulkarnain menilai, kelangkaan minyak goreng  yang terjadi saat ini akibat dari kepanikan masyarakat yang kemudian memperparah keadaan. Pasalnya, masyarakat membeli minyak  melebihi kebutuhan sehingga yang lain tidak kebagian.

“Makanya saya minta masyarakat mengunakan minyak sewajarnya saja. Kalau perlu dikurangi. Jadi, kalaupun kelangkaan terjadi, tidak parah-parah amat. Tapi karena sikap kita yang berlebihan, sehingga kelangkaan ini semakin parah,” pungkasnya. (cr1/man)

  • Bagikan