Pemkab Konsel Terus Dorong Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan
Surunuddin Dangga.

ANDOOLO, BKK – Memasuki usia 2 dekade Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel terus menggenjot program yang fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, suatu berkah untuk Kabupaten Konsel, dimana perayaan salat Idulfitri bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Konsel ke-19 tahun.

“Berkah buat Konsel hari jadi Konsel bertepatan dengan Idulfitri yakni 2 Mei 2022. Sehingga upacara HUT Konsel kita agendakan tanggal 12 Mei. Kita tidak mungkin melakukan bersamaan dalam salat Idulfitri,” ujarnya, Senin (9/5).

Lanjutnya, program prioritas pemkab dicanangkan mendorong pemanfaatan lahan masyarakat, untuk peningkatan produksi ekspor.

Karena menurutnya, pengentasan kemiskinan tidak cukup dengan membagi beras. Makanya, ia mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada, demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“4 tahun lalu, Pemkab Konsel telah memprogramkan komoditi ekspor seperti tanaman sawit. Alhamdulillah sudah ada progres dan ada yang telah panen,” kata orang nomor 1 di Konsel itu.

Ia mengatakan, dalam upaya mendorong program prorakyat, tentunya melihat industri kemasyarakatan yang didorong dengan ditopang potensi disetiap kecamatan.

“Kalau potensinya tambak, kita dorong tambak. Dimana Konsel telah mendapat suntikan revitalisasi kurang lebih 250 hektare yang akan dicanangkan. Lokasinya di Desa Panggosi Kecamatan Tinanggea. Di Indonesia cuman 5 kabupaten, di Sulawesi Tenggara (Sultra) cuman Konsel dan Muna,” ungkapnya.

Selain potensi perikanan, sambung Bupati 2 periode ini, juga mendorong sektor perkebunan dan pertanian dalam arti luas. Dengan mendorong potensi kemasyarakatan sesuai komoditi unggulan disetiap wilayah, gejolak pangan di Konsel itu tidak terjadi.

“Sebab kita telah mendorong produksi pertanian dan ketahanan pangan yang memadai. Sehingga, Konsel tidak ada gejolak pangan dan inflasi. Kita telah mendorong produksi pertanian dan produksi ekspor,” katanya.

“Ke depan masyarakat kita peningkatan produksinya bisa semakin maju dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat, untuk pengentasan kemiskinan,” pungkasnya. (ril/nir)

  • Bagikan