Luar Biasa, IPM Kota Kendari Peringkat 4 Nasional

  • Bagikan
Wali Kota Kendari H Sulkarnain saat menggelar konferensi pers dirujabnya, Kamis (12/5). (FOTO: NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Luar biasa, di masa kepemimpinan Wali Kota Kendari H Sulkarnain dan Wakil Wali Kota Kendari dr Hj Siska Karina Imran, Kota Kendari berhasil masuk peringkat 4 nasional Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2021.

Diketahui, IPM dibentuk oleh 3 dimensi dasar, meliputi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Kota Kendari berhasil menduduki peringkat 4 nasional dengan poin 84,15. Peringkat 1 diduduki Kota Yogyakarta dengan poin 87,18, peringkat 2 diduduki Kota Banda Aceh dengan poin 85,71, dan peringkat 3 diduduki Jakarta Selatan dengan poin 84,90.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengatakan, bahwa dirinya sangat bersyukur, karena kerja keras semua pihak termasuk masyarakat akhirnya mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

“Apalagi apresiasi ini kita raih tepat pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-191 Kota Kendari,” ujar H Sulkarnain, Kamis (12/5).

Ini juga, lanjutnya, tidak terlepas dari bagaimana Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melakukan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dikatakan, indeks pendidikan turut memberikan peranan penting raihan IPM ini. Begitu juga indeks kesehatan, dan indeks ekonomi.

“Makanya, kita juga konsisten memberikan beasiswa kepada murid/pelajar kurang mampu. Kita fasilitasi mereka agar tetap mendapatkan pendidikan,” paparnya.

Sebelumnya, kata orang nomor 1 di Kota Kendari itu, IPM Kota Kendari berada pada peringkat 6, dengan poin 83,06. Alhamdulillah, sekarang peringkat 4, dengan poin 84,15.

Penghargaan ini, lanjutnya, sebenarnya tanggungjawab atau beban, karena ini harus dipertahankan.

“Makanya saya selalu menekankan ke teman-teman untuk membangun sistem. Karena jika sistem terbentuk, maka siapa saja yang diberikan tanggungjawab pasti bisa melakukan,” tuntasnya. (nir/nan)

  • Bagikan