Pemprov Gelar Asistensi Penginputan Data Prioritas Perencanaan Pembangunan

  • Bagikan
Bappeda Sultra saat menggelar asistensi penginputan data prioritas perencanaan pembangunan provinsi Sultra. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggelar asistensi penginputan data prioritas perencanaan pembangunan, Rabu (3/8).

Kegiatan yang digelar di salah satu hotel yang ada di Kota Kendari ini atas inisiasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra dan diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah setempat.

Kepala Bappeda Sultra, J Robert mengatakan kegiatan pertemuan itu merupakan rutinitas dari Bappeda dan berdasarkan peraturan pemerintah pusat melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 terkait dengan satu data indonesia.

“Sehingga kita perlu mengkoordinasikan terkait dengan data ini. Karena secara substansi ada tiga lembaga yang bertanggung jawab dimana BPS sebagai pembina, wali data ada di Kominfo dan kita Bappeda sebagai ketua forum satu data,” katanya saat di wawancarai, Rabu (3/8).

Menurutnya, forum satu data sendiri memegang peran penting. Sebab, semua data nantinya digunakan sebagai analisis dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan nanti ada di Bappeda.

Robert berharap, dengan adanya kegiatan tersebut data lebih berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Ketika kita melakukan analisis sesuatu hal yang berkaitan dengan kebijakan bisa tepat sasaran dan tepat arah,” ungkapnya. (cr3/nan)

  • Bagikan