Toyota Serahkan 108 Unit Mobil untuk Operasional KPU Sultra

  • Bagikan
Foto bersama usai penyerahan kunci. (FOTO: WATY/BKK).

KENDARI, BKK – Toyota Cabang Kalla Toyota Tendean menyerahkan sebanyak 108 unit kendaraan operasional ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Cabang Kalla Toyota Tendean Kendari Andi Aswar mengungkapkan bahwa pengadaan kendaraan operasional ini merupakan kendaraan baru bukan bekas. Diharapkan dengan adanya mobil operasional ini bisa membantu kerja-kerja KPU sehingga lebih optimal.

“Jadi pengadaan ini sebagai bentuk dukungan Kalla Toyota dalam rangka mendorong kegiatan KPU Sultra agar dapat lancar dan optimal ke depannya,” ujarnya, Sabtu (15/10).

Dijelaskan, dari 108 unit ini sudah dibagi per daerah yakni kabupaten kota berkoordinasi dengan KPU Sultra. Kendaraan baru ini, Kalla Toyota telah menambahkan aksesoris berupa karpet dasar, dan sarung jok.

“Selamat menikmati kendaraan barunya semoga pekerjaannya lancar dan sukses tahapan Pemilu ini sampai ada pimpinan baru di Indonesia dan khususnya di Sultra,” ucapnya.

Sementara Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan, serah terima ini merupakan pengadaan sewa guna mendukung pelaksanaan tugas KPU dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Adapun sumber anggaran pengadaan ini berasal dari KPU RI yang diturunkan dalam Anggaran Biaya Tambahan (ABT).

Dia menuturkan, dari anggaran tersebut dibebankan satu unit per bulannya hanya Rp6,3 juta, sehingga KPU tidak bisa melebihi Standar Biaya Masukan (SBM) yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan.

“Jadi kita ini menyewa untuk seluruh kebutuhan komisioner dan sekretaris di 17 kabupaten kota maupun tingkat provinsi, jadi satu daerah itu enam unit,” imbuhnya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh pengguna kendaraan agar digunakan sebijak mungkin, untuk mendukung kelancaran tugas. Pemilu ini membutuhkan daya jelajah yang lebih luas dari suatu tempat ke lokasi lainnya.

“Jika mengalami kerusakan maupun pergantian alat suku cadang sepenuhnya menjadi tanggung jawab vendor,” tutupnya. (cr4/mg2)

  • Bagikan