Ruksamin Instruksikan Disnakertrans Konut Adakan Mesin Jahit dan Mesin Las

  • Bagikan
Bupati Konut H Ruksamin menyerahkan sertifikat penghargaan kepada peserta pelatihan yang digelar BPVP Kendari, Rabu (2/10). (FOTO: IST)

WANGGUDU, BKK – Bupati Konut H Ruksamin mengintruksikan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) se tempat, untuk mengadakan mesin jahit dan mesin las.

Hal itu katakannya, saat menutup kegiatan pelatihan berbasis kompotensi noninstitusional tahap V, di Aula Kecamatan Lasolo, Rabu (2/10).

Intruksi pengadaan mesin jahit dan mesin las oleh Bupati Ruksamin tersebut, guna mendukung para warga yang sudah mau meningkatkan keterampilannya melalui kegiatan pelatihan tersebut.

Selain itu, lanjutnya, hal tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut kepada para wirausahawan, agar bisa mengembangkan usaha di daerah masing-masing.

“Untuk yang menjahit yang lulus dalam pelatihan tersebut sebanyak 16 orang. Pak Kadis Nakertrans 16 mesin jahit harus bapak siapkan, mesin las siapkan juga 14 unit,” pinta Ruksamin.

Selain mempersiapkan fasilitas berupa alat kerja, Ruksamin bahkan turut membantu para wirausahawan agar mendapatkan pekerjaan.

Dia menyarankan agar para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), memesan pengadaan pakaian dinas melalui peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut.

“Pada saat pelantikan BPD saya sudah sampaikan pada Kadis PMD siapkan pakaian dinas untuk anggota BPD dan aparat desa, jahitnya ambil dari mereka (peserta) ini. Atur sedemikian rupa, asal jangan rumit-rumit,” paparnya.

“Kepala LPSE buatkan mereka lembaganya dan kemudian hasil produknya dimasukan ke dalam e-Katalog lokal,” sambung bupati 2 periode ini.

Kegiatan yang diselenggarakan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari diikuti sebanyak 32 peserta dari Konut. Sebanyak 16 orang dari jurusan las, dan 16 peserta dari asisten pembuatan pakaian.

Dalam kesempatan yang sama Ruksamin menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPVP Kendari, karena telah memberikan perhatian khusus pada Pemkab Konut dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Kita (Konut) diberi 6 paket pelatihan. Bagi kami, ini perhatian yang sangat luar biasa, ini patut kita syukuri,” ucap Ruksamin.

Sementara, Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu dengan gamblang memberikan pujian kepada Ruksamin. Dia menilai Ruksamin adalah sosok pemimpin yang peduli pada masyarakatnya.

Dia membeberkan, upaya Ruksamin supaya pelatihan itu dapat terlaksana. Beberapa waktu lalu, La Ode Haji Polondu mengungkap bahwa Ruksamin mengambil inisiatif untuk datang langsung menemui dirinya di Kantor BPVK Kendari.

“Baru 1 diantara 17 kepala daerah yang mendatangi saya di kantor pukul 12 malam untuk meminta tolong, agar memberikan perhatian pada tenaga kerja belum memiliki keterampilan di Konut,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh bupati dan Kepala BPVP Kendari kepada para peserta.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Konut dan BPVP Kendari, tentang Penyelenggaraan Pelatihan Kerja. (vel/nir)

  • Bagikan