BPVP Kendari Buka Pendaftaran 10 Program Pelatihan

  • Bagikan
Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu

KENDARI, BKK – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari kembali membukan pendaftaran untuk 10 program pelatihan 2023 yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra).


Sejumlah program pelatihan yang dibuka yaitu tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit, asisten pembuat pakaian (menjahit dasar), pelayanan pelanggan, juru gambar arsitektur, komputer operator assisten, pengoperasian instalasi kontrol industri nerbasis PLC, plate welder SMAW 3G (Las), sepeda motor injeksi, dan teknisi telepon cellular.


Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, bagi pelamar yang ingin mengasah kemampuanya bisa segera melakukan pendaftaran yang dibuka mulai 11 Januari hingga 18 Januari 2023.


Setelah pendaftaran selesai, 19 Januari 2023 akan dilakukan tes tertulis dan keesekan harinya dilakukan tes wawancara bagi mereka yang dinyatakan lulus tes tertulis. Kemudian, peserta yang lulus diumumkan 23 Januari dan 24 Januari melakukan pendaftaran ulang untuk mengikuti pelatihan yang akan dibuka secara resmi pada 26 Januari 2023.


“Insya Allah, jika tidak ada kendala maka pembukaan pelatihan kita akan buka sesuai jadwal pada 26 Januari,” terang Polondu, Rabu (11/1).


Ia menjelaskan, para calon pendaftar dapat melakukan pendaftaran dengan dua alternatif, yaitu mendaftar secara mandiri dengan mendownload aplikasi Siap Kerja di play store atau mengakses link, https://pelatihan.kemnaker.go.id atau datang ke Kios Siap Kerja BPVP Kendari untuk dibantu mendaftar secara langsung.


“Syarat untuk bisa mendaftar cukup mudah, cukup memiliki kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK) dan memiliki ijazah, tidak sedang terikat kerja atau menempuh pendidikan formal dan telah berusia 18 tahun,” jelasnya.


Polondu menegaskan, dalam proses pendaftaran hingga proses pelatihan usai tidak dipungut biaya atau gratis.


“Dalam proses pendaftaran, kami tidak pernah pungut biaya. Malah kami berikan mereka pakaian seragam sebanyak dua stel sepasang pakaian olahraga, alat tulis untuk mengikuti pelatihan, makan siang, serta sertifikat dan BNSP jika lulus uji kompetensi. Termasuk uang saku selama pelatihan berlangsung,” tutupnya. (r1/ada)

  • Bagikan