Pengendara Bandel Bakal Ditindak Tegas

  • Bagikan
Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Anoa 2023.(FOTO:SUHARDIMAN/BKK) 14 Hari Polda Gelar Operasi Keselamatan Anoa

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menggelar Operasi Keselamatan Anoa 2023. Kegiatan penertiban berlalu lintas ini akan berlangsung selama 14 hari yang dimulai, Selasa (7/2), sampai dengan, Senin (20/2) mendatang.


Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan, operasi keselamatan dilaksanakan dengan sasaran membangun kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.


Selama 14 hari operasi, sambung Rio, pihaknya akan menempatkan personel untuk pengaturan, penjagaan maupun patroli.


“Personel akan menindaklanjuti, yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat yakni balapan liar di beberapa ruas jalan utama di Kota Kendari hingga pengendara mobil yang menggunakan knalpot racing (brong/bogar) yang sangat mengganggu warga,” ujar Rio ditemui usai apel gelar pasukan di Mapolda Sultra, Selasa (7/2).


Rio mengatakan, kepada para pengendara atau pengguna jalan yang melanggar akan ditindak tegas, terukur namun tetap humanis.


Diketahui, jumlah personel yang disiagakan selama operasi sebanyak 400 personel.


“Saat pelaksanaan operasi akan mengedepankan aspek edukatif, persuasif dan humanis. Penindakan dengan tilang elektronik (ETLE), mobile dan teguran diterapkan,” terang Rio.


Rio memaparkan, ada sembilan sasaran prioritas penindakan selama operasi yakni mulai dari pengendara roda dua tidak menggunakan helm SNI, tidak mengenakan sabuk pengaman, melawan arus.


Kemudian, knalpot racing, berboncengan lebih dari satu orang, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, berkendara pengaruh alkohol, serta menggunakan handphone saat berkendara.


“Kami imbau masyarakat meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas, agar angka pelanggaran dan kecelakaan menurun,” imbuhnya. (r2/ada)

  • Bagikan