Muhammad Fadlansyah Resmi Jabat Kadisdukcapil Sultra

  • Bagikan

Sekprov : Seorang Pemimpin Harus Aktif Membangun Sinergi Lintas Sektor

KENDARI, BKK – Muhammad Fadlansyah resmi menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Provinsi Sultra. Dimana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama tersebut dipimpin langsung Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio bertempat di Aula Kantor Gubernur Sultra, Senin (27/2).


Sekprov Sultra Asrun Lio mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kadisdukcapil Sultra merupakan hasil dari proses seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dan telah sesuai dengan prosedur perundang-undangan serta telah disetujui dan ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, berdasarkan keputusan Mendagri nomor 800.1.3.3.334 tahun 2023 tanggal 13 Februari 2023 tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kadisdukcapil Provinsi Sultra.


“Proses seleksi ini harus dilewati karena selain merupakan prosedur perundang-undangan, juga diharapkan agar pejabat pimpinan tinggi pratama yang terpilih merupakan pejabat yang cakap, memiliki kompetensi yang sesuai, kualifikasi pendidikan yang baik, rekam jejak yang bagus serta memiliki integritas yang tinggi. Semoga pelantikan ini dapat memberikan motivasi kepada saudara yang baru dilantik untuk senantiasa berkiprah dan mengabdikan diri selaku aparatur sipil negara sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab saudara sebagai seorang pejabat pemerintah,” katanya dalam sambutannya.


Jenderal ASN Sultra ini menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra membutuhkan aparatur pemerintah yang mampu bekerja keras, bersinergis dengan masyarakat untuk melakukan percepatan pelaksanaan program yang telah direncanakan. Seorang pemimpin harus menguasai teknologi, mengikuti tuntutan dan perubahan zaman serta harus turun langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, mau tidak mau, seorang pemimpin sebagai pamong praja harus peka, mau mendengarkan, mengamati fenomena yang sedang terjadi dan tanggap dalam melaksanakan tugasnya.


“Selain itu seorang pemimpin harus aktif membangun sinergi lintas sektor sebagai upaya menyiasati keterbatasan sumber daya yang ada. untuk itu agar pejabat pimpinan tinggi pratama yang baru dilantik hendaknya benar – benar mampu menjabarkan kepercayaan dan amanah yang diberikan dengan sebaiknya-baiknya, penuh keseriusan dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas jabatannya,” ujarnya.


Sementara itu, Kadisdukcapil Sultra Muhammad Fadlansyah mengukapkan, dirinya mendukung percepatan seluruh program baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat melalui Kemendagri.


“Dan fokus di Dukcapil sendiri pertama kita akan memberlakukan identitas kependudukan digital id. Dan sekarang kita lagi melakukan kegiatan itu di seluruh dukcapil kabupaten/kota. Karena digital id salah satu program strategis dukcapil secara nasional di tahun ini. Kemudian yang kedua kita ingin menuntaskan pemilih pemula siswa-siswi SMA/SMK karena setiap dua minggu progresnya kita laporkan ke pusat,” tandasnya. (r4)

  • Bagikan