Parinringi Sebut MTQ Memperkuat Akhlak Masyarakat

  • Bagikan
Pj Bupati Kolut, Parinringi dan Ketua DPRD Kolut, saat melambaikan tangan pada peserta pawai Ta'aruf pembukaan MTQ ke-17. (FOTO: MANSIRAL/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XVII atau ke-17 tingkat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di Kecamatan Purehu, resmi dibuka Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi SE, Sabtu (11/3).


“MTQ bertujuan untuk memperkuat akhlak keberagaman masyarakat, dengan berpegang teguh pada Al-Qu’ran dan Sunnah Rasulullah,” kata Parinringi dalam sambutannya.


Menurut Parinringi, Al-Qur’an sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak akan pernah habis dipelajari, digali dan dikaji. Al-Qur’an harus menjadi pedoman hidup dan pandangan hidup.


MTQ ini, lanjut dia, tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dengan nilai-nilai Qurani.


“Lantunan Qalam Ilahi, akan menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana kesejukan batin. MTQ akan menjadi forum silaturahim masyarakat dan pemda,” ujar Parinringi.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kolut Alimuddin, S.Ag mengatakan, bahwa dengan kegiatan MTQ, masyarakat senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam hidup, seperti tema kegiatan membangun generasi Rabbani dan berakhlak Qurani.


“Sungguh sangat keliru apabila pelaksanaan Musabaqah hanya dipahami dari segi kegiatan syiar keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan” katanya.


Pada MTQ ke-17 ini, sebanyak 6 lomba yang dipertandingkan. Antara lain, tilawatil qur’an golongan dewasa, remaja dan anak, qori dan qoriah, hifsil qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz. (ral/nir)

  • Bagikan