Jelang Ramadan, Dishub Sultra Persiapkan Kelancaraan Penggunaan Angkutan

  • Bagikan
Muhammad Rajulan. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Menjelang musim mudik Ramadan nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mulai melakukan persiapan guna kelancaran penggunaan angkutan baik darat, laut, maupun udara.


Kepala Dishub Sultra Muhammad Rajulan mengatakan, dalam rangka persiapan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.


“Jadi seperti tahun-tahun sebelumnya karena ini akan menyebabkan konsentrasi tinggi dari para pengguna angkutan baik itu darat, laut maupun udara. Kami Dishub Sultra menangani angkutan laut dan darat sementara angkutan udara sudah ditangani sendiri oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” kata Rajulan, Kamis (16/3).


Dijelaskan, untuk angkutan laut, pihaknya berkoordinasi dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), serta pihak keamanan.


“Jadi untuk lebaran diawali bulan Ramadan ini, terkait dengan untuk angkutan darat kita juga berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Damri dan pihak pengusaha angkutan lainnya baik itu angkutan dalam kota maupun angkutan antarkabupaten,” ucapnya.


Selain berkoordinasi, Rajulan mengaku juga telah melakukan pembenahan terminal maupun dermaga-dermaga penyeberangan kapal.


“Dan pembenahan yang kami lakukan misalnya kami merehabilitasi ruang tunggu biar lebih nyaman, kemudian rehabilitasi WC supaya para pengguna angkutan darat maupun laut ini bisa lebih nyaman di dalam melaksanakan perjalannya,” ungkapnya.


Ditambahkan, untuk penyiapan armada sendiri, pihaknya hanya bisa melakukan koordinasi dengan pihak ASDP, karena yang menyiapkan armada langsung dari ASDP.


“Sekarang ini untuk penambahan armada baru ini sulit, tetapi apabila terjadi konsentrasi penumpang yang tinggi atau lonjakan penumpang yang bisa kita lakukan itu adalah penambahan trip. Seperti tahun-tahun sebelumnya kita mengangkut penumpang itu 24 jam malah dari pagi sampai pagi,” paparnya. (r4/ada)

  • Bagikan