Pemprov Sultra Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-40

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) turut memperingati hari bakti rimbawan ke-40 tahun 2023 bertempat di lapangan upacara Kantor Gubernur Sultra, Jumat (17/3).

Dimana upacara ini dipimpin langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sultra, Suharno.


Suharno mengatakan, peringatan hari bakti rimbawan ke-40 tahun 2023 mengusung tema hijaukan bumi, birukan langit. Kata dia, tema tersebut mengandung makna reflektif atau evaluasi atas apa yang telah dilakukan bersama sebagai rimbawan.


“Tema ini juga meneguhkan arah dan cara pandang seluruh rimbawan, dan menggali atau recall memori yang senantiasa ada dalam benak kita tentang peran hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan yang perlu senantiasa kita jaga dan rawat bersama. Begitu pula peran atmosfer dan udara sebagai bagian di dalamnya yang harus dijaga untuk tetap bersih dan terefleksi dalam langit yang biru,” kata Suharno saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.


Dikesempatan itu, Suharno menyampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada seluruh rimbawan di Indonesia, yang selalu memberikan kinerja terbaiknya, dalam mendukung pembangunan nasional.


“Pada sektor pembangunan LHK yang berkelanjutan, khususnya di masa-masa yang tidak mudah dalam proses transformasi dan perubahan berbagai tindakan dan langkah korektif KLHK dalam lingkup tugas para rimbawan,” ucapnya.


Dikesempatan tersebut dirinya mengajak seluruh rimbawan untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata di lapangan masing-masing area of interest/responsibility, untuk menyukseskan upaya pengendalian perubahan iklim secara masif dan terukur.


“Dan yang paling penting pada hari bakti rimbawan kali ini, saya minta untuk melihat dan menyadari kondisi-kondisi yang sudah berkembang seperti yang ada saat ini, untuk dilihat sebagai tantangan besar untuk kita selalu menjaga setiap tapak hutan yang ada di Bumi Indonesia ini,” tandasnya. (r4)

  • Bagikan