Pemkab Muna Luncurkan Aplikasi Srikandi

  • Bagikan
Plt Bupati Muna Drs H Bachrun MSi bersama Sekab Muna Eddy Uga SH MSi melaunching aplikasi Srikandi Lingkup Pemkab Muna, Kamis (25/1).

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muna melaunching aplikasi Sistem Informasi Kerasipan Dinamis Terintegritasi (Srikandi).
Launching aplikasi Srikandi ini dilakukan secara zoom meeting oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muna Drs H Bachrun MSi.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muna Asmadi Teno SPd MPd mengatakan, pentingnya pengelolaan kearsipan secara elektronik.

“Aplikasi Srikandi ini berbasis analog dan digital, akan dapat terekam dengan baik. Sehingga, nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori koleksi bangsa. Keberadaan aplikasi Srikandi ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan melalui pengolahan arsip yang otentik dan terpercaya,” ujarnya.

Sistem ini, katanya, sangat bermanfaat, karena tidak lagi menggunakan kertas dan paperless dalam membuat laporan kearsipan.

Sementara, Plt Bupati Muna Drs H Bachrun MSi dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Muna akan segera menggunakan aplikasi Srikandi ini.

“Kita akan gunakan aplikasi Srikandi ini di Kabupaten Muna. Bicara masalah arsip, tentu akan jadi warisan sejarah dalam pemerintahan kita. Memang hari ini kita masih terlambat dalam hal pelayanan publik. Tapi pelan-pelan Muna akan gunakan aplikasi Srikandi ini,” katanya.

“Saya sampaikan kepada semua stakeholder di Kabupaten Muna, agar segera jalankan aplikasi ini setiap OPD. Agar pengelolaan pemerintahan bersih dan akuntabel dan terpercaya. Arsip adalah rekaman peristiwa dari generasi ke generasi,” pungkas Bachrun.

Direktur Kearsipan RI Rudi Anton SH MH melalui zoom meeting mengucapkan selamat kepada Pemkab Muna, yang telah melaunching aplikasi Srikandi ini.

“Selamat kepada Kabupaten Muna yang telah melaunching aplikasi ini dan harus digunakan di seluruh daerah di Indonesia. Saya juga minta pada pak Sekab Muna, agar admin aplikasi ini jangan dulu dimutasi, harus digelar bimtek dulu bagi seluruh OPD tentang aplikasi Srikandi ini,” pinta Direktur Kearsipan RI Rudi Anton SH MH pada Pemkab Muna. (tri/nir)

  • Bagikan

Exit mobile version