Kejari Muna Fokus Peneggakan Hukum dan Netralitas Harga Mati pada Pilkada Muna

  • Bagikan

Perayaan Puncak HBA ke-64 di Kejari Muna dipimpin langsung Kajari Muna Robin Abdi Ketaren SH.MHum dan Seluruh Jajaran Kejari Muna, Senin (22/7).

RAHA, BKK – Sebagai salah satu institusi penegak hukum di negara ini, Kejaksaan saat ini menjadi institusi yang paling dipercaya di negara ini. Saat ini Kejari Muna fokus pada penegakan hukum dan menyatakan netralitas harga mati dalam Pilkada Muna tahun 2024.

Hal ini diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Muna Robin Abdi Ketaren SH M.Hum usai menjadi inspektur upacara dalam HBA ke-64 di Kejari Muna, Senin (22/7).

“Sesuai amanat Jaksa Agung RI Burhanuddin, bahwa Kejaksaan itu harus fokus pada peneggakan hukum. Apalagi saat ini Institusi Kejaksaan RI adalah institusi yang paling dipercaya masyarakat dalam hal peneggakan hukum. Jadi kita fokus pada peneggakan hukum sesuai dengan tugas dan wewenang kita sebagai penegak hukum,” kata Kajari Muna pada sejumlah media di Raha.

Lebih lanjut, Kajari Muna mengatakan, karena tahun ini adalah tahun politik maka sikap Kejari Muna netralitas adalah harga mati pada Pilkada Muna yang akan digelar November 2024.

“Netralitas harga mati bagi Kejari Muna dalam Pilkada Muna. Apa yang disampaikan Jaksa Agung RI tadi dalam sambutannya bahwa netralitas warga Adhyaksa harga mati pada pesta demokrasi tahun 2024 ini,” tegas Kajari Muna ini.

Kejagung RI menyampaikan bahwa Jaksa harus lakukan fungsi, wewenang secara profesional proporsional, tuntas pada seluruh internal Kejaksaan sesuai bidang masing-masing.

“Upaya pelemahan pada institusi yang kita cintai selalu dilakukan oknum-oknum yang jahat. Kejaksaan saat ini adalah lembaga yang paling dipercaya masyarakat. Jangan sia-siakan kepercayaan masyarakat,” kata Jaksa Agung RI dalam amanatnya yang dibacakan Kajari Muna Robin Abdi Ketaren SH MHum pada puncak HBA ke 64 di Kejaksaan Negeri Muna.

Disampaikannya pula, jika puncak perayaan HBA ke-65 tahun 2025, akan digelar tanggal 2 September, tidak lagi pada tanggal 22 Juli seperti selama ini.

“Dalam amanatnya Jaksa Agung RI mengatakan HBA tahun ini adalah transisi dari HBA Adhyaksa ke hari lahir Kejaksaan yaitu tanggal 2 September,” pungkas Kajari Muna ini.

Pantauan koran ini puncak HBA Adhyaksa ke-64 di Kejari Muna diperingati dengan upacara. Bertindak sebagai inspektur upacara Kajari Muna Robin Abdi Ketaren SH MHum.

Ada yang menarik pada peringatan HBA ke-64 di Kejari Muna, Ketua IAD Daerah Muna Ny Meri Robin Ketaren dan para pengurus IAD Daerah Muna menggunakan pakaian adat Muna yaitu Kabantapi dan baju adat Muna lainnya. Puncak HBA ke-64 juga ditandai dengan pembacaan amanat Kejagung RI Burhanuddin. HBA Adhyaksa ke-64 mengusung tema “Akselerasi Kejaksaan untuk Wujudkan Penegakkan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”. (tri/nir)

  • Bagikan

Exit mobile version