Kemendikbud Hapus Jurusan IPA, IPS di SMA, Dikbud Sultra Tunggu Juknis Penerapannya

  • Bagikan

Asikin. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meniadakan jurusan IPA, IPS di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menanggapi itu, Kepala Bidang (Kabid) SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asikin mengatakan, kebijakan tersebut untuk spesifik pada mata pelajarannya.

“Jadi, mata pelajaran tetap ada, jurusannya yang tidak ada. Karena kalau kita bicara jurusan IPA hanya fokus pada IPA to. Yakni Biologi, Kimia dan Fisika, sementara IPS terdiri dari Sejarah, Sosiologi dan lainnya,” katanya saat diwawancarai, Senin (22/7).

Dikatakan, untuk penerapannya, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis).

“Jadi, kita menunggu dulu Kemendikbudristek, karena itu terkait kesiapannya kita juga. Jadi untuk penerapannya kita menunggu dulu,” ujarnya.

Dijelaskan, jika sudah diterapkan maka tidak ada lagi jurusan IPA dan IPS yakni masuk peminatan, dimana siswa sendiri memilih mata pelajaran baik yang dipelajari di IPA dan IPS.

“Contohnya saya suka pelajaran ekonomi dan geografi tapi saya juga suka pelajaran kimia atau fisika. Jadi nanti tergantung siswanya ikut belajar mata pelajaran apa. Namun sekarang kita menunggu juknisnya masing-masing siswa-siswi berapa mata pelajaran dalam peminatan,” ungkapnya. (r4/nir)

  • Bagikan