Pemkot Kendari Dukung Pertumbuhan UMKM Melalui Pembinaan Ekonomi Mikro Kecil

  • Bagikan

Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding. (FOTO:SRI/BKK)

KENDARI, BKK- Pemrintah Kota (Pemkot) Kendari terus mendorong pelaku UMKM agar bisa mengembangkan usahanya melalui Pembinaan Ekonomi Mikro Kecil.

Sosialisasi dengan tema pengaruh motivasi berwirausaha dan inovasi produk terhadap pertumbuhan usaha UMKM melalui Goal Setting digelar Selasa (6/8).

Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang motivasi berwirausaha yang kuat dan inovasi produk dapat mendorong pertumbuhan UMKM.

“Kami berharap sosialisasi ini memberikan wawasan keterampilan, pengetahuan, serta meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia para pelaku usaha mikro kecil sehingga mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, memperkenalkan maupun memasarkan produk-produk ekonomi berbasis lokal,” ujar Jahudding.

Pemkot Kendari juga terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) sebagai bagian dari langkah strategis dalam pembangunan ekonomi daerah.

Inisiatif ini dianggap penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Pemkot Kendari akan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dari para pelaku usaha mikro kecil menjadi sesuatu yang penting dan bernilai strategis,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi, Safruddin mengungkapkan, dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, motivasi berwirausaha yang kuat dan inovasi produk, terbukti menjadi dua faktor kunci yang membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi berbagai tantangan dan persaingan pasar.

Kedua, elemen ini tidak hanya membantu UMKM bertahan, tetapi juga berkembang dan menemukan peluang baru.

Motivasi berwirausaha yang kuat membantu pelaku UMKM menghadapi tantangan dan persaingan. Sedangkan inovasi produk dapat membuka peluang pasar baru dan meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen.

“Saya menyarankan agar UMKM senantiasa melakukan riset pasar dan menggali umpan balik dari pelanggan untuk memperbaiki produk dan layanan mereka,” pungkasnya. (m2/r2)

  • Bagikan