Pemkot Kendari Komitmen Suksekan Pilkada Serentak Tahun 2024

  • Bagikan

Sekot Kendari Ridwansyah Taridala saat melakukan rapat koordinasi terkait Pilkada 2024 (FOTO:SRI/BKK)

KENDARI, BKK- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berkomitmen menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 melalui rapat koordinasi stakeholder di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (27/8).

Sekertaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala menegaskan, rapat koordinasi ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan Pilkada Kota Kendari.

Ia juga menjelaskan pihaknya telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2025-2029.

“Dokumen-dokumen ini telah diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai referensi bagi para calon wali kota dan wakil wali kota dalam merumuskan visi dan misi mereka,” terang Ridwansyah Taridala.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, Sahinuddin, menyampaikan sejak dimulainya tahapan pemilu, pihaknya telah mempersiapkan perangkat pengawasan hingga tingkat kelurahan.

“Namun, ada satu aspek penting yang belum sepenuhnya terbentuk, yaitu pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang direncanakan akan dilengkapi dua puluh tiga hari sebelum hari pemungutan suara,” kata Sahinuddin.

Ketua Bawaslu Kota Kendari juga menambahkan pihaknya telah membentuk kelompok kerja (pokja) untuk memastikan netralitas dalam pelaksanaan pemilu.

Pokja ini melibatkan berbagai elemen, termasuk Pemerintah Kota, Kejaksaan Negeri, Gerakan Nasional Integritas (GNI), serta TNI dan Polri.

“Pokja netralitas ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh tahapan pemilihan berlangsung secara adil dan transparan,” jelasnya.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, diharapkan Pilkada Kota Kendari dapat menjadi contoh pelaksanaan pemilihan yang efektif dan efisien.

Semua pihak diharapkan terus berkomitmen untuk menjaga integritas proses demokrasi ini hingga hari pemungutan suara nanti. (m2/r2)

  • Bagikan