Ratusan Warga Mengikuti Kegiatan Germas yang Dipusatkan di Puskesmas Waara

  • Bagikan

Plt Bupati Muna Drs H Bachrun MSi membuka kegiatan Germas Tahun 2024.

RAHA, BKK – Ratusan warga mengikuti kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) 2024 yang dipusatkan di Puskesmas Waara, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muna Drs H Bachrun MSi. Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna Eddy Uga SH MSi, Kepala Bappeda Muna Achmad Yani Biku dan rombongan, Plt Kadis Dinkes Muna Samudra Taufik dan rombongan, Kapus Waara drg Cahya Septiani Muuri, serta para kader kesehatan.

“Germas ini kegiatan Dinkes Kabupaten Muna Bidang P2P. Puskemas Waara yang dipilih untuk menggelar kegiatan ini. Tentu kami sangat suport kegiatan ini,” kata Kepala Puskesmas Waara drg Cahya Septiani Muuri, Selasa (10/9).

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa Cacem ini mengatakan, kegiatan Germas diawali dengan kegiatan senam sehat, yang diikuti warga di Kecamatan Lohia khususnya Desa Waara. Ada juga kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Dikatakan, untuk menyukseskan kegiatan ini Puskemas Waara menurunkan 3 dokter dan seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Waara. Dalam kegiatan Germas ini ada pemeriksaan kesehatan gratis diantaranya, gula darah, asam urat, hingga kolesterol,” tukas Kepala Puskemas Waara drg Cahya Septiani Muuri pada koran ini disela-sela acara Germas.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Muna Samudra Taufik saat dikonfirmasi koran ini mengatakan, kegiatan Germas ini dibuka oleh Plt Bupati Muna Drs H Bachrun MSi.

“Germas ini kegiatan rutin tiap tahun. Di 2024 ini kami gelar di Puskesmas Waara. Pak Plt Bupati Muna membuka langsung kegiatan ini,” katanya.

Tujuan kegiatan ini, katanya, untuk mengedukasi masyarakat agar mengikuti pola hidup sehat.

“Fokus dari kegiatan Germas ini untuk mengedukasi masyarakat agar hidup sehat. Kita sampaikan penyuluhan tentang pendalian penyakit prioritas seperti jantung, stroke dan kesehatan ibu dan anak,” kata Plt Kadinkes Muna ini.

Katanya, dalam kegiatan Germas ini juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis seperti iva test, gula darah, kolesterol dan asam urat.

“Pemeriksaan iva test khusus bagi ibu-ibu untuk memeriksa apakah mereka terindikasi kena kanker serviks (kanker mulut rahim) atau tidak. Semua pemeriksaan kesehatan ini gratis,” tandasnya.

Pantauan koran ini, kegiatan Germas dimeriahkan dengan door prize. Bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan panitia Germas, langsung diberikan hadiah. (tri/nir)

  • Bagikan