Karnaval Budaya Meriahkan Peringatan Haroana Baubau 2024

  • Bagikan

Ketgam Pose bersama Pj Wali Kota Baubau bersama Forkopimda Lingkup Kota Baubau mengunakan pakaian adat Buton.

BAUBAU, BKK – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Baubau atau Haroana Baubau 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar karnaval budaya, Senin (14/10).

Acara yang berlangsung dengan meriah, diikuti ribuan peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga pendidikan, serta paguyuban dari berbagai daerah. Para peserta mengenakan pakaian adat Buton, menciptakan nuansa kebhinekaan yang sangat kental di sepanjang karnaval.

Tak hanya dihadiri masyarakat lokal, karnaval budaya ini juga diwarnai dengan partisipasi paguyuban dari daerah Sulawesi Selatan, Jawa, dan Maluku Sarane yang berdomisili di Kota Baubau. Mereka turut memeriahkan acara dengan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing, menambah kekayaan budaya yang ditampilkan dalam perayaan ini.

Karnaval dimulai dari Lapangan Lembah Hijau dan secara resmi dilepas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Eko Prasetyo, ST, MM. Para peserta karnaval kemudian berjalan melalui sejumlah jalan protokol, kawasan pertokoan Tomba dan Wale, sebelum akhirnya finish di Pantai Kamali Baubau.

Acara yang dihadiri langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Dr. Muh Rasman Manafi, SP, M.Si, beserta ibu Reffiani Dwiatmo Rasman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para kepala OPD Kota Baubau.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Baubau, Dr. Muh Rasman Manafi mengapresiasi para penyelenggara serta peserta yang telah berpartisipasi memeriahkan Karnaval Budaya Haroana Baubau 2024.

Menurutnya, keragaman budaya yang ditampilkan melalui pakaian adat dari berbagai daerah, menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan yang luar biasa dalam merayakan hari jadi Kota Baubau.

“Kita bisa melihat begitu beragamnya budaya yang ditampilkan, pakaian adat yang sangat bervariasi, namun semuanya berkumpul dan bersatu untuk merayakan HUT Kota Baubau. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, dan kepada tamu undangan yang setia menikmati acara ini dari awal hingga akhir,” ungkap Dr. Muh Rasman. (cr1/nir)

  • Bagikan

Exit mobile version