KPU Sultra Tetapkan 7 Panelis pada Debat Pilgub Tahap Pertama

  • Bagikan

Anggota KPU Provinsi Sultra Amiruddin saat dikonfirmasi terkait ketujuh panelis pada debat kandidat. (FOTO: SRI/BKK)

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi menetapkan 7 panelis pada debat calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub).

Diketahui, debat kandidat segera dilaksanakan di 3 lokasi berbeda berdasarkan keputusan KPU Provinsi Sultra nomor 234 tahun 2024, tentang penetapan panelis pelaksanaan debat publik atau debat terbuka antarpasangan cagub dan wagub Sultra tahun 2024.

Anggota KPU Provinsi Sultra Amiruddin mengatakan, pihaknya telah menyediakan 7 ahli dalam bidangnya, untuk menjadi panelis pada debat publik atau debat terbuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2024 di Kota Baubau tahap pertama.

“Panelis yang telah ditunjuk KPU Provinsi Sultra merupakan ahli dalam bidangnya. Bidang tersebut meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Pelayanan Publik yang inklusif,” kata Amiruddin, Rabu (16/10).

Disebutkan, ketujuh panelis tersebut yakni, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S. Si.,M.Si., M.Sc, kemudian pakar filologi naskah kuno dan tim penyusun sastrategi kebudayaan Indonesia atau dosen UHO Prof. Dr. La Niampe, M.Hum.

“Kemudian selanjutnya pakar institusi keuangan dosen UHO Prof. Buyung Sarita SE., M.Si., Ph.D,” paparnya.

Kemudian ada Assoc. Prof. Sartian, M.Ed., Ph.D pakar gender kesehatan reproduksi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak atau dosen UHO, pakar manajemen pendidikan atau dosen pascasarjana IAIN Kendari Dr. H. Abdul Kadir., M.Pd

Pakar hukum sumber daya alam atau dosen UHO Kendari Dr. Sahrina Sarifudin, SH., LL.M

“Dan yang terakhir pakar sosiologi pembangunan desa atau dosen fakultas ekologi manusia institut pertanian Bogor dilaksanakan di tiga lokasi berbeda Dr. Sofyan Sjaf,” sebutnya.

Amiruddin mengatakan, debat kandidat ini juga akan disiarkan secara langsung di TV nasional yakni TV one yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 di nirwana beach Kota Baubau pukul 19.00 Wita.

“Jadwalnya malam pukul 19.00 Wita bakal disiarkan langsung di TV nasional, lokasi pertama di Kota Baubau,” paparnya.

Dia berharap agar simpatisan yang hadir nanti bisa mengikuti debat kandidat dengan aman dan kondusif, serta mengikuti kegiatan sebagaimana mestinya.

Proses pertanyaannya nanti melalui proses diundi. Para calon gubernur dan wakil gubernur wajib mengambil undian nomor pertanyaan, yang nantinya para panelis bakal memperdalam pertanyaan tersebut.

“Kemudian pada debat kandidat kedua dan ketiga nanti pertanyaannya akan berbeda,” tuntasnya. (m2/nir)

  • Bagikan

Exit mobile version