144 Peserta Ikut Pelatihan di BLK Kendari

  • Bagikan

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu berpidato dalam pembukaan pelatihan berbasis kompetensi institusional, Snein (10/1). (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Sebanyak 144 orang peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pelatihan kompetensi institusional di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

Gubernur Sultra yang diwakili Asisten III Sultra Sukanto Toding menyampaikan, apresiasinya terhadap komitmen BLK Kendari yang terus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Sultra.

“Pelatihan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja atau kebutuhan usaha dan dunia industri. Sekaligus mengurangi angka pengangguran di Sultra,” ujar dalam pembukaan pelatihan, Senin (10/1).

Sementara, Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu menuturkan, pelatihan ini dibuka sebagai respons atas kebutuhan komptensi. Pelatihan ini dilandasi semboyan dan prinsip berpikir cerdas, bergerak cepat, serta bertindak cepat dan cermat.

“Ada total 9 kompetensi keahlian dalam pelatihan kali ini, terdiri dari non-boarding tahap I yakni tata rias pengantin hantaran, asisten pembuat pakaian, pengelolaan administrasi perkantoran, juru ukur, desain grafis madya, computer operator assintant, service sepeda motor injeksi, dan teknisi telepon seluler perangkat keras. Sementara boarding tahap I yakni pemasangan pembangkit listrik tenaga surya off-grid,” kata Polondu.

Ditambahkan, pelatihan ini terlepas dari pelaksanaan program Kemenaker sebagai perwujudan visi dan misi presiden dalam pengembangan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Kemudian mendukung visi dan misi Gubernur Sultra dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan menekan angka pengangguran secara perlahan dan menciptakan lapangan kerja,” tambah Polondu. (cr3/man)

  • Bagikan