2 Desa di Buteng Bakal Gelar Pilkades PAw

  • Bagikan

LABUNGKARI, BKK – Sedikitnya terdapat 2 desa dari 67 yang ada di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) Penggantian Antarwaktu (PAw).

Rencananya pelaksanaannya digelar pada 22 Januari 2022 memdatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Buteng Armin menjelaskan, penyelenggaraan pilkades PAw dikarenakan pimpinan kedua desa itu salah stunya ada yang meninggal dunia sementara menjabat, dan satunya mengundurkan diri dari jabatan dikarenakan alasan kesehatan.

“Jadi di Buteng ini ada 2 desa yang akan menggelar pilkades antar waktu. Antara lain, Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur disisa masa jabatannya 2 tahun ini kepala desanya meninggal dunia, sementara Desa Baruta Kecamatan Sangia Wambulu kepala desanya di masa jabatannya mengundurkan diri karena alasan kesehatannya kurang membaik, sehingga perlu kita adakan pilkades PAw,” ujarnya.

Kata Armin, PAw sudah diatur dalam undang-undang terkait desa, dimana apabila satu kepala desa mengundurkan diri dan atau meninggal dunia dengan sisa masa jabatan di atas satu tahun, maka perlu diadakan PAw di desa itu.

Terkait mekanisme pemilihan, lanjut Armin, mekanismenya lebih menarik dibanding pemilihan kepala desa seperti biasa, dikarenakan disetiap desa yang melakukan pemilihan PAw akan dilaksanakan terlebih dahulu musyawarah di tingkat desa (Musdes). Para calon PAw Kades nantinya akan dipilih pada tingkat musdes.

“Jadi para calon kepala desa PAw ini mereka dipilih peserta yang hadir melalui forum musyawarah desa,” tuntasnya. (m1/nir)

  • Bagikan