BMKG Imbau Waspada Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Perairan Baubau dan Wakatobi

  • Bagikan

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang seringgi 2,5 meter di Perairan Baubau dan Wakatobi. Peringatan ini berlaku sejak 10 hingga hingga 13 Januari 2022.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Baubau bagian Selatan, dengan tinggi gelombang 1,5 sampai 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Baubau bagian Selatan dan Perairan Selatan Wakatobi bagian Barat,” terang Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie, Senin (10/1).

Dikatakan, pola angin umumnya dari Barat Laut sampai Timur Laut dengan kecepatan 2-20 knot.

BMKG berharap, memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran yakni perahu nelayan waspada dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m.

Kemudian, kapal tongkang awas dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m. Kapal feri awas kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m.

Sementara, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar waspada dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbuh Faizal. (cr3/man)

  • Bagikan