Vaksinasi Anak Usia Dini di Kolaka Dimulai

  • Bagikan

Murid SD 1 Lamokato saat divaksin Covid-19.

KOLAKA, BKK – Vaksinasi anak usia dini (6-11 tahun) di Kabupaten Kolaka resmi dimulai. Ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei di SD 1 Lamokato Kecamatan Kolaka, Senin (10/1).

Dengan dipukulnya gong tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kolaka terhitung sejak Senin (10/1) memulai vaksinasi anak usia dini, dengan target 27.500 anak yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Kolaka.

Untuk mempercepat hal tersebut, kata Safei, nantinya Tim Vaksinator setiap puskesmas akan diberikan jatah 2 sekolah satu puskesmas, bagi sekolah terpencil tenaga kesehatan (nakes) akan menjemput bola atau langsung mendatangi setiap sekolah.

“Harapan kita bisa diselesaikan secepat-cepatnya, sesuai dengan waktu 17 hari. Targetnya sebanyak 27.500 anak-anak,” ujarnya.

Kalau yang di daerah terpencil, kata dia, tim vaksinator akan jemput bola, setiap puskesmas akan mendatangi 2 sekolah tapi kalau ada sekolah yang berdekatan yang jumlah muridnya tidak terlalu banyak akan ditarik.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra Agustin Kusumawati mengapresiasi kinerja Pemkab Kolaka dalam melakukan vaksinasi pada tahap satu sebelumnya.

Karena, kata dia, diantara kabupaten/kota di Sultra, Kabupaten Kolaka masuk dalam 4 besar capaian vaksinasi terbaik se-Sultra, yang berdampingan dengan Konkep, Butur, dan Wakatobi. (cr5/nir)

  • Bagikan