April Mendatang, Puluhan Mahasiswa Unsultra Bakal Magang di Polandia

  • Bagikan

KENDARI, BKK – April mendatang, puluhan mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) bakal magang di Polandia.

Universitas yang dipimpin Prof Andi Bahrun ini diminta langsung salah satu perusahaan yang berasal dari negara Polandia, untuk mengirimkan 10 mahasiswanya untuk magang dengan gaji yang cukup menggiurkan, yakni Rp10 juta per bulan.

Kepada awak media, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa setelah dirinya menerima permintaan perusahaan mitra Unsultra tersebut, dia langsung mengumumkan kepada mahasiswa melalui para pimpinan fakultas dan pogram studi (prodi).

Prof Andi menjelaskan, salah satu syarat yang wajib dikantongi mahasiswa yang ingin bergabung di perusahaan di Negara Polandia itu, harus mahir berbahasa Inggris.

“Kita akan buka pendaftaran 3-4 hari ke depan, dan kita seleksi menjadi 10 mahasiswa untuk diberangkatkan,” ujarnya, Selasa (11/1).

Prof Andi menuturkan, mahasiswa yang akan magang tidak dibatasi masa studinya, apakah dia semester 1 atau 8.

Untuk melancarkan studi mahasiswa yang bersangkutan, pihaknya membuat regulasi agar disinkronkan Satuan Kredit Semester (SKS) dengan program kementerian, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Jadi gaji mahasiswa magang itu bersih Rp10 juta, tempat tinggal, makan dan lainnya ditanggung,” ucapnya.

Sebelum mahasiswa magang tersebut diberangkatkan, Lanjut Prof Andi, harus menjalani proses pelatihan terlebih dahulu.

Lebih jauh, beber Prof Andi, direncanakan mahasiswa tersebut akan menjalani proses magang di Polandia selama 2 tahun. Harapannya, setelah mereka selesai nanti bisa langsung wisuda.

“Ini semua pentingnya membuat jejaring, bermitra. Dan memang sebelumnya, ada mitra kita juga yang membuatkan program mahasiswa kami, misal salah satunya diberangkatkan ke Jepang,” pungkasnya. (din/nir)

  • Bagikan