Direktur RSUP Bahteramas Imbau Masyarakat Waspada Omicron

  • Bagikan

dr Hasmudin. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra) dr Hasmudin mengimbau masyarakat untuk waspada virus omicron. Pasalnya, di kota-kota besar, seperti Jakarta, kasus Omicron mulai mengkhawarirkan.

“Kita semua harus waspada, walaupun sampai sekarang di Sultra belum ada yang terdeteksi apakah itu Covid-19 jenis yang lama maupun jenis yang baru Omicron,” ujarnya, Rabu (12/1).

Hasmudin meminta, masyarakat tetap taat protokol kesehatan. Selain itu, masyarakat juga harus meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengikuti vaksinasi yang telah diprogramkan pemerintah.

Soal vaksin, menurut dia, masyarakat tidak boleh dipaksa bila itu memang tidak memenuhi syarat.

“Jadi jangan juga dipaksakan kalau tidak bisa divaksin. Seseorang yang sesuai dengan kriteria vaksin maka vaksinlah. Kemudian ada orang yang betul-betul tidak bisa divaksin, jangan dipaksakan,” katanya.

Hasmudin bilang, seseorang yang sudah mengikuti vaksinasi akan terbentuk kekebalan dalam tubuhnya terhadap serangan virus.

“Artinya begitu virus masuk, kekebalan tubuh menjadi bentengnya. Sehingga tidak jadi sakit. Namun kalau tidak vaksin, mungkin saja ada virus masuk maka langsung kena (sakit),” tuntasnya. (cr3/man)

  • Bagikan