Keuangan untuk Pendidikan Anak

  • Bagikan

 

Sebagai orang tua, tentunya Anda harus memikirkan kebutuhan sehari-hari untuk keluarga dan biaya pendidikan anak. Pasalnya pendidikan di Indonesia masih membutuhkan biaya, berbeda dengan negara maju yang memberikan pendidikan gratis untuk masyarakatnya. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar merencanakan keuangan untuk pendidikan anak di masa depan.

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan terbaik untuk menunjang karir dan masa depan mereka lebih cerah. Jangan sampai karena keterbatasan ekonomi dan ketidaktahuan untuk merencanakan keuangan yang baik membuat pendidikan anak jadi terhambat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk merencanakan keuangan untuk pendidikan anak bahkan ketika anak masih usia balita.

Tips Merencanakan Keuangan untuk Pendidikan

Saking pentingnya pendidikan, banyak orang melakukan pinjaman online terpercaya untuk memenuhi biaya pendidikan. Berikut ini merupakan beberapa tips merencanakan keuangan untuk pendidikan yang bisa Anda coba yaitu:

1. Prediksi Biaya Sekolah

Ketika anak mulai masuk sekolah SD, SMP atau SMA Anda harus bisa memprediksi biaya sekolah yang dibutuhkan. Ini menjadi langkah pertama yang harus dilakukan agar anda bisa mengatur pengeluaran dan menabung untuk pendidikan anak.

Tentu ini tidak mudah, karena anda juga belum tahu kondisi ekonomi di masa depan apakah masih stabil atau tidak. Meski begitu, Anda bisa memperkirakan jumlah inflasi setiap tahunnya, misalnya kita ambil angka simpelnya 10%, dengan kata lain biaya pendidikan bisa naik 10% per tahunnya.

2. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan juga berpengaruh terhadap besar biaya yang dibutuhkan. Umumnya jenjang pendidikan sangat panjang yaitu 12 tahun dan jika anak yang kuliah maka menambah jadi 4 tahun. Biaya kuliah pun cukup besar sehingga penting untuk merencanakan keuangan dengan baik.

3. Sekolah

Setiap sekolah pasti membutuhkan biaya yang berbeda. Sekolah negeri biasanya lebih murah dibandingkan sekolah swasta. Meski begitu, Itu juga tergantung dengan kepopuleran sekolah, apakah menjadi sekolah favorit atau tidak. Anda bisa memilih kan tempat sekolah yang baik, bagus namun dengan harga terjangkau.

4. Kebutuhan Pendidikan Lainnya

Biaya pendidikan tidak cukup dengan membayar sekolah saja akan tetapi juga ada beberapa kebutuhan pendidikan lainnya yang harus dipenuhi mulai dari buku, seragam, biaya ongkos ke sekolah, alat tulis, biaya kursus dan lainnya. Setelah memperkirakan semua kebutuhan pendidikan, Anda bisa melihat gambaran biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan anak, dan mulai mengatur atau merencanakan keuangan dengan baik sedini mungkin.

Jika Anda membutuhkan biaya untuk pendidikan dan kebutuhan lainnya, Anda bisa Unduh Tunaiku. Tunaiku merupakan salah satu produk dari bank Amar yang sudah terdaftar serta diawasi OJK sejak tahun 2014. Karena Tunaiku terdaftar di OJK sehingga bisa dipercaya dan aman.

Ada banyak alasan mengapa Tunaiku terbaik dan terpercaya. Selain terdaftar di OJK, pendaftarannya sangat mudah sehingga membantu Anda yang membutuhkan dana darurat untuk biaya pendidikan atau lainnya.

Adapun berikut ini merupakan beberapa kelebihan aplikasi Tunaiku yang bisa Anda rasakan, di antaranya yaitu, memprioritaskan keamanan informasi, pengajuan pinjaman yang praktis, cukup dengan KTP tanpa kartu kredit dan NPWP, jumlah pinjaman yang besar hingga 20 juta dengan jangka waktu cicilan panjang, transparan.

Itulah beberapa tips merencanakan keuangan untuk pendidikan anak yang bisa Anda lakukan. Jika Anda membutuhkan dana darurat, Anda bisa unduh Tunaiku sekarang juga dan rasakan manfaat dari salah satu produk PT Bank Amar Indonesia Tbk.

  • Bagikan