Prof Zamrun: UHO Sudah Siap dengan Kebijakan Pembaruan NISN Mahasiswa

  • Bagikan

Prof Muhammad Zamrun Firihu.

KENDARI, BKK– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) bakal memperbarui data nomor induk siswa nasional (NISN) untuk seluruh mahasiswa perguruan tinggi (PT) di Indonesia.

PD Dikti meminta perguruan tinggi (PT) mempersiapkan pendataan mahasiswa baru (Maba) dan mahasiswa yang aktif.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, tak masalah dengan adanya pembaruan data tersebut. Pasalnya, UHO rutin melakukan pelaporan data mahasiswa.

“Kita tidak ada masalah, karena kita melaporkan tiap tahun data mahasiswa di dangkalan Data Dikti. Itu sudah menjadi kegiatan rutin, setiap semester kita melaporkan. Jadi, kita sudah siap dengan itu,” tandasnya.

Zamrun meminta, mahasiswa untuk segera melapor jika belum masuk dalam pangkalan data dikti.

“Kalau ada masalah, mahasiswa bisa melapor kepada program studi. Program studi nanti akan tindaklanjuti kepada WR1. WR1 nanti langsung ke UPT TIK. Dan, itu segera ditindaklanjuti, sehingga semua data mahasiswa kita tidak ada yang bermasalah,” imbuhnya.

Sekedar informasi, NISN nantinya akan menjadi identitas tunggal (single id) yang akan diintegrasikan dengan data di PD Dikti. Seluruh data akan terintegrasi mulai dari siswa masuk sekolah sampai lulus sebagai sarjana.

Dengan NISN ini seluruh prestasi dan perkembangan siswa hingga mahasiswa akan dengan mudah dikelola sebagai bagian dari sistem manajemen pendidikan. (din/man)

  • Bagikan