Cuaca Buruk, DLHK Buka Layanan Aduan Pohon Lindung Membahayakan

  • Bagikan

Nismawati (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK– Warga Kota Kendari yang menemukan pohon lindung membahayakan cepat melaporkan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), kebetulan saat ini DLHK sedang rutin melakukan pemotongan dan pemangkasan pohon pelindung.

Kepala DLHK Kendari Nismawati mengatakan, Kamis (20/1), pihaknya mengaktifkan pemotongan atau pemangkasan pohon lindung yang sudah tua sebagai langkah antisipasi pohon tumbang di tengah cuaca buruk.

Menurut dia, setiap hari pihaknya selalu mengidentifikasi pohon-pohon yang punya peluang untuk membahayakan pejalan kaki, khususnya saat hujan turun yang disertai dengan angin.

“Kalau ada yang ditemukan, pasti akan ditebang. Yang ditebang itu pohon yang sudah tua. Seperti akar atau batang pohon yang sudah lapuk, karena itu sangat berpotensi tumbang saat hujan,” ujarnya.

Selain berdasarkan identifikasi, DLHK juga melakukan penebangan pohon setelah mendapat laporan langsung oleh masyarakat. Khususnya di sekitaran rumah warga.

“Setiap hari itu pasti ada pohon yang kita tebang. Tapi untuk pohon yang belum tua, kita hanya pangkas saja,” tutupnya. (cr1/iis)

  • Bagikan