Vaksinasi Booster untuk Lansia Dimulai di Kendari

  • Bagikan

drg Rahminingrum (FOTO:MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Setelah vaksinasi anak usia 6-11 mulai berjalan, kini Pemerintah Kota (Pemkot)Kendari sudah bisa memulai vaksin tahap ketiga atau booster kepada kelompok lanjut usia (lansia).

Hal tersebut dilakukan setekah pemerintah pusat tak lagi mempersyaratkan bahwa kelompok lansia bisa disuntik booster setelah cukupan vaksinasinya tahap pertama mencapai 60%.

“Kebijakan dari pemerintah pusat bahwa Kota Kendari juga sudah boleh melakukan vaksinasi booster. Tapi khusus untuk lansia dan bukan untuk masyarakat umum. Artinya, sudah tidak ada syarat lagi,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari drg Rahminingrum, Kamis (20/1).

Dijelaskan, lansia yang bisa disuntik booster adalah mereka yang sudah menjalani penyuntikan dosis satu dan dua, dengan jarak waktu sudah 6 bulan.

Sementara, terkait vaksinasi booster untuk masyarakat umum, Rahminingrum belum mengetahui kapan bisa dilakukan. Pasalnya, sampai saat ini, pemerintah pusat masih mempersyaratkan bahwa vaksinasi booster untuk masyarakat umum bisa dilakukan jika capaian vaksinasi lansia sudah mencapai 60%.

“Booster untuk masyarakat kita belum tahu kapan dilakukan. Karena targetnya lansia ini harus 60% capaiannya. Jadi, beda dengan anak dan lansia yang tidak perlu syarat lagi,” pungkasnya. (cr1/man)

  • Bagikan