Capaian Vaksinasi Anak Usia Dini di Kolaka Sudah 43%

  • Bagikan

KOLAKA, BKK – Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini sudah mencapai 43% atau 12.464, dari total target sebanyak 27.527 anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kolaka Harun Massiri menargetkan 27.527 anak tersebut akan selesai diimunisasi pada 26 Januari atau selama 17 hari, dari tanggal dimulainya vaksinasi atau imunisasi merdeka anak belajar.

“Kita harap vaksinasi anak usia dini ini bisa tuntas tepat waktu. Sebenarnya, jika kita melaksanakannya secara konsisten, target itu bisa kita capai tidak sampai 17 hari,” ujarnya, Jumat (21/1).

Tapi, jelasnya, pihaknya banyak mendapatkan kendala di lapangan, seperti tidak semua orangtua paham akan pentingnya imunisasi kepada anak.

“Tapi kita tetap lakukan sosialisasi baik dari kami (Dinkes, red) maupun guru dan kepala sekolah turut juga memberikan pemahaman kepada orangtua,” paparnya.

Harun menambahkan, untuk mempercepat Imunisasi Anak Merdeka Belajar di Kabupaten Kolaka, pihaknya terus melakukan koordinasi dan kerja sama dengan stekholder terkait seperti TNI dan Polri, dan KKP.

“Tim vaksinasi kan ada dari Dinkes dalam hal ini puskemas, rumah sakit, kemudian tim vaksinasinya dari TNI dan Polri, termasuk KKP. Pada prinsipnya kita membangun kerja sama sehingga tujuannya memberi perlindungan anak dan juga bisa menekan laju penyebaran Covid-19 bisa tercapai,” tuntasnya. (cr5/nir)

  • Bagikan