Kakanwil Ajak Pengurus FKUB Dukung Pengarusutamaan Moderasi Beragama

  • Bagikan

Kakanwil Kemenag Zainal Mustamin menyerahkan bantuan operasional kepada FKUB Sultra.

KENDARI, BKK– Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Zainal Mustamin mengajak pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk mendukung pengarusutamaan moderasi beragama.

Hal ini disampaikan saat menyerahkan bantuan operasional FKUB di Graha Moderasi Beragama, Kamis (20/1). Bantuan operasional senilai Rp70 juta tersebut diterima Ketua FKUB Sultra Rustam Tamburaka.

“Saya mengajak seluruh pengurus FKUB agar bersama mendukung pengarusutamaan moderasi beragama. Melakukan kegiatan yang sifatnya bisa mengumpulkan tokoh agama untuk berdialog dan menyamakan persepsi terkait moderasi beragama,” imbuhnya.

Menurut dia, moderasi beragama merupakan program nasional dan merupakan agenda presiden, yang telah telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dan Kementerian Agama menjadi leading sektor.

“Agar pelaksanaannya di lapangan tidak parsial dan tidak melahirkan tafsir yang berbeda-beda, maka kemenag membuat kurikulum tentang moderasi beragama berikut buku referensi moderasi beragama yang tersaji dalam tiga bahasa, yakni bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab,” ujar Zainal.

Zainal berharap, esensi moderasi beragama bisa menjangkau seluruh umat beragama tidak hanya di indonesia, namun hingga seluruh dunia.

“Kita mengekspor moderasi beragama ke negara luar, sebagai sebuah cara pandang dan jalan tengah yang moderat dalam kehidupan keberagamaan. Sehingga, Sultra diharapkan bisa menjadi laboratorium moderasi beragama,” katanya.

Zainal bilang, graha moderasi beragama bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan umat beragama yang rukun dan penuh toleransi.

“Graha moderasi beragama akan menjadi salah satu fakta yang bercerita tentang kondisi umat beragama di Sultra. Diskusi FGD, livestreaming, dan podcast bisa dilakukan di graha moderasi ini. (cr3/man)

  • Bagikan