IAIN Kendari Kirim 2 Mahasiswa PPL ke Fajar TV Makassar

  • Bagikan

Dua mahasiswa FUAD IAIN Kendari menjalani PPL di Fajar TV Makassar. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK- Sebagai upaya mengimplementasikan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengirim 2 mahasiswa ikut praktik pengalaman lapangan (PPL) ke Fajar TV Makassar.

Dekan FUAD IAIN Kendari Dr Nurdin MPd mengatakan, ini merupakan kali pertama FUAD menggandeng mitra dari luar Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kebijakan PPL di luar daerah adalah salah satu upaya memperluas pengalaman mahasiswa yang merupakan tujuan utama dari program MBKM,” ujarnya, Sabtu (23/1).

Menurut Nurdin, FUAD sedang menggagas implementasi program MBKM dimulai dari kegiatan magang dan praktik lapangan pada sejumlah perusahaan industri bonafit non perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang keahlian yang diminati mahasiswa.

“Tahun ini, kita memberanikan diri untuk membuat langkah konkrit dengan mengirim mahasiswa peserta PPL dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) ke salah satu stasiun TV lokal di Makassar yaitu Fajar TV,” bebernya.

Nurdin mengungkapkan, biaya transportasi mahasiswa untuk mengikuti PPL di luar daerah ditanggung FUAD. Sedangkan biaya hidup selama berada di Makassar ditanggung sendiri mahasiswa yang bersangkutan.

“Saya berharap, mahasiswa bisa memperoleh pengalaman belajar yang mendorong peningkatan skill dan kompetensinya,” ucapnya.

Sementera itu, Wakil Dekan (WD) I, Sitti Fauziah MPd menambahkan, peserta  PPL tahun ini berjumlah 181 orang. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 112 mahasiswa.

“Tahun lalu pelakanaan PPL belum maksimal karena sebagian besar institusi mitra masih menerapkan Work from Home (WFH) akibat kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menghindari penularan Covid-19. Alhamdulillah tahun ini sudah mulai dilonggarkan sehingga mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini secara offline atau luring,” terangnya. (din/man)

  • Bagikan