Pemkab Kolaka Segera Lakukan Vaksinasi Tahap Ketiga

  • Bagikan

Ilustrasi Vaksinasi.

KOLAKA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka direncanakan akan memulai vaksinasi tahap ke III atau Vaksin Booster mulai pekan ini.

Hal itu disampaikan Kapala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Harun Massiri kepada media ini Jumat (21/01).

Harun mengatakan, vaksinasi tahap III tersebut merupakan vaksinasi tambahan atau lebih dikenal dengan Vaksin Booster. Nantinya, vaksin yang akan digunakan ada dua jenis yakni Astrazeneca dan Pfizer.

“Kolaka sudah memenuhi persyaratan untuk melalukan vaksinasi tahap ketiga, karena kita sudah penuhi persyaratan 70% jumlah vaksinasi,” katanya.

Selain itu, kata dia, persiapan juga sudah dilakukan, jadi yang bisa divaksin yang sudah menjalani vaksin satu dan dua dan minimal enam bulan sejak vaksin terkahir. Jadi harus menunggu dulu enam bulan setelahnya baru bisa divaksin ketiga.

Berbeda vaksin pertama dan kedua, kata harun, vaksin ketiga ini nanti dosisinya akan dikurangi setengah dari vaksin pertama dan kedua, karena vaksin ketiga lebih bersifat pelengkap dari vaksin-vaksin sebelumnya.

“Pada prinsipnya booster ini sudah dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes) sejak Agustus tahun lalu, ini kelanjutan untuk publik atau umum,” katanya. (cr5/nir)

  • Bagikan