Pemkab Komitmen Jaga Karhutla di Konsel

  • Bagikan

Suasana peresmian kantor Manggala Agni Daops Sulawesi III.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe selatan (Konsel), berkomitmen menjaga lingkungan dan mendukung upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya kantor Manggala Agni Daops Sulawesi III, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sulawesi di Kecamatan Andoolo, Konsel.

Kantor tersebut diresmikan langsung Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Laksmi Dhewanti, Senin (24/1).

Dalam sambutannya, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan rasa syukurnya, lahan hibah yang disediakan pemda telah terbangun Kantor Manggala Agni. Hal tersebut, sebagaiĀ  dukungan kepada para petugas Manggala Agni.

“Agar lebih cepat dan tepat dalam melaksanakan tugas pengendalian karhutla. Yang kegiatannya meliputi pencegahan, pemadaman, dan penanganan pascakebakaran,” ungkap orang nomor satu di Konsel itu.

Ia mengatakan, pihaknya memang sejak awal mendukung adanya Manggala Agni di Konsel. Salah satunya juga dengan meminjamkan gedung di stadion Konsel untuk menjadi kantor sementara Manggala Agni.

“Terima kasih atas hadirnya kantor Manggala ini di Konsel, ini merupakan satu mitra strategis kami dalam melaksanakan dan menjaga wilayah Konsel,” pungkas Bupati Konsel dua periode ini.

Sementara, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kemen LHK RI Laksmi Dhewanti berterima kasih kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga, yang telah menghibahkan lahan seluas 2 hektare untuk pembangunan Kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi. Sehingga kantor tersebut bisa berdiri.

“Manggala Agni mempunyai tujuan utama untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Indonesia punya tantangan yang sangat besar, yakni perubahan iklim. Indonesia bagian dari daerah yang sangat sensitif dengan bencana,” katanya.

Dengan support ini, tambah dia, tentu sangat membantu Manggala Agni dalam menjalankan tugasnya. (ril/nir)

  • Bagikan