Rektor UHO Minta Dekan Sukseskan Pertukaran Mahasiswa Merdeka

  • Bagikan

Gedung Rektorat.

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) saat ini tidak henti- hentinya mendorong para dekan dan Ketua Program Studi (Kaprodi) untuk terus melakukan inovasi dalam menyukseskan program pertukaran mahasiswa merdeka yang digagas  pihak kementerian.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, melalui program ini, mahasiswa dapat mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah dan berkesempatan belajar di kampus lain.

Ia menjelaskan, pertukaran mahasiswa merdeka merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester yang Sistem Kredit Semesternya (SKS) dapat dikonversi.

“Pelaksanaan kegiatannya disesuaikan dengan kalender akademik masing- masing perguruan tinggi,” ujarnya baru- baru ini.

Prof Zamrun menuturkan, UHO sendiri saat ini masih melakukan beberapa penyesuaian- penyesuaian program pertukaran mahasiswa merdeka ini,  terkait model atau pola mata kuliah (Mapel) yang juga harus disinkronkan dengan Sistem Informasi Akademik (Siakad) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Dengan begitu, lanjut dia, para dekan harus melakukan kajian mengenai berbagai kebijakan, kebutuhan keterampilan bersama mitra untuk pengembangan kompetensi mahasiswa di dalam dan luar kampus.

“Saya berharap, agar kita  dapat melaksanakan program pertukaran mahasiswa merdeka ini dengan baik. Tidak ketinggalan, bagaimana juga mahasiswa UHO bisa berbagi, bercerita, dan bisa merasakan belajar di universitas lain,” pungkasnya. (din)

  • Bagikan