Pemkot Kendari Bantu Petani Padi 50 Kg Benih

  • Bagikan

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Dinas Pertanian Kota Kendari menyiapkan 50 kilogram (kg) benih unggul padi, menyambut musim tanam yang diperkirakan akan dimulai awal Februari 2021.

Kepala Dinas Pertanian Sitti Ganef mengatakan, Jumat (28/1), jika musim tanam tiba, 10 kg benih unggul akan digunakan pada setiap hektare sawah, dan sisanya akan dibagikan ke petani-petani yang ada di Amohalo dan Labibia.

“Sebenarnya bantuan benih unggul sudah ada setiap tahun di anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), yang biasa 200 hektare per tahun kita dibantu. Tapi yang 50 kg itu sebagai persiapan kita untuk musim tanam nanti,” ujar Sitti.

Menurutnya, bibit benih unggul untuk pertanian sangat dibutuhkan, mengingat luas kawasan pertanian di Kendari terus bertambah dengan jenis tanaman yang ada.

“Luas kawasan pertanian di Kendari saat ini kurang lebih 11.787 hektare. Yang terdiri dari lahan sawah, padang, penggembalaan, ladang, dan sebagainya. Jenis tanaman yang ditanam bervariasi. Jadi, memang bibit ini sangat dibutuhkan setiap kali musim tanam tiba,” ungkapnya.

Sebagai penghargaan kepada petani, pihaknya juga selalu menyerahkan sertifikat kelas kemampuan kelompok tani, yang merupakan salah satu sasaran dan strategi membina petani. (cr1/iis)

  • Bagikan