Pendaftaran Rektor USN Kolaka Dibuka 28 Februari, Ini yang Harus Dipenuhi Balon

  • Bagikan

 

Panitia pemilihan rektor msmberikan penjelasan kepada wartawan.

KOLAKA, BKK – Pendaftaran Bakal Calon Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka akan dibuka tanggal 28 Februari 2022 mendatang. Pendaftaran bakal calon terbuka untuk semua asal universitas se-Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pemilihan Rektor, Yahyanto mengatakan, pemilihan dilaksanakan mengingat jabatan rektor saat ini yakni Dr. Azhari akan berakhir 28 Juni nanti. Pihaknya saat ini mulai mengatur jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka Periode 2022-2026.

“Pada awal Januari kami sudah mulai persiapkan laporan dan konsultasi persiapan pemilihan Rektor USN Kolaka ke Kemendikbud Dikti. Kemudian pada akhir Januari, pihak Kemendikbud Dikti telah menyetujui pemilihan tersebut dilakukan. Berdasarkan surat dari kementerian tersebut, kami dari kepanitiaan telah mempersiapkan segala jadwal dan persyaratan yang dipersiapkan dalam hal pemilihan rektor,” terang Yahyanto saat menggelar konferensi pers di Lantai 2 Rektorat USN Kolaka, Rabu (2/2/2022).

Disebutkan, saat ini jadwal pemilihan Rektor USN Kolaka memasuki tahapan sosialisasi pendaftaran bakal calon. Tahapan sosialisasi pendaftaran itu akan dimulai sejak tanggal 5-13 Februari 2022.

Dalam tahap penjaringan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon. Di antaranya merupakan pegawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik yaitu Lektor Kepala. Selain itu terdapat beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh bakal calon rektor.

“Setelah misalnya pembukaan pendaftaran, itu nanti kita akan mengecek syarat-syarat bakal calon rektor tersebut. Setelah persyaratan itu terpenuhi, pada 9 Mei 2022 itu kita langsung pada tahapan penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor dihadapan sidang senat terbuka yang dapat dihadiri pejabat kementerian atau yang mewakili,” jelasnya.

Menurutnya, proses pemilihan rektor akan terlaksana dengan lancar apabila para bakal calon yang mendaftar memenuhi persyaratan tersebut.

“Cuma yang lama itu ketika misalnya yang mendaftar kurang dari 4 calon. Jadi kalau misalnya tidak memenuhi, kita akan membuka waktu selama sepuluh hari. kalau belum lengkap 4 Balon, terakhir senat mempunyai tugas untuk menunjuk siapa yang layak untuk menjadi bakal calon rektor,” katanya.

Puncak pemilihan rektor USN Kolaka akan dilaksanakan pada 18 mei 2022. Dalam prosesnya, setiap calon akan memperebutkan suara dari Senat yang memiliki presentasi suara 65 persen dan 35 persen suara dari Kemendikbud

Sementara itu, Ketua Senat USN Kolaka, Yuli Purbaningsih berharap pemilihan rektor USN Kolaka nantinya dapat berjalan aman dan lancar sampai akhir penetapan rektor terpilih.

“Karena jadwal ini sudah disetujui oleh kementerian, kita berharap pemilihan rektor dapat berjalan aman, lancar,” katanya. (cr5)

  • Bagikan