Peringatan HPN Jadi Momentum untuk Memperkenalkan Komoditas Unggulan Sultra

  • Bagikan

Dr Syamsir Nur.

KENDARI, BKK – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diselenggarakan pada 6 hingga 9 Februari 2022 di Kota Kendari, tentunya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Sulawesi Tenggara (Sultra) pada umumnya.

Kegiatan HPN yang dipusatkan di Kota Kendari menjadi salah satu sektor yang dapat menggerakkan geliat ekonomi di Sultra.

Hal tersebut diungkapkan Pengamat Ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr Syamsir Nur, Rabu (2/2).

Dikatakan, adapun sektor yang paling menyentuh geliat ekonomi yaitu sektor transportasi, perhotelan, makan, dan minum. Penyelenggaraan HPN ini menjadi angin segar juga bagi para pelaku usaha di bidang perhotelan dan rumah makan, dimana dengan adanya kegiatan HPN dapat mendorong peningkatan omset di perusahaan.

“Betapa pentingnya pihak swasta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah terutama pada event nasional seperti kegiatan HPN. Ini menjadi momentum bagi swasta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara sektoral, khususnya sektor transportasi, akomodasi makan, dan minum,” ucapnya.

Lanjut Syamsir, pemerintah daerah juga di momentum HPN ini bisa memperkenalkan atau mengekspos beberapa produk komoditas unggulan, baik di sektor real maupun sektor jasa.

“Jadi, perlu juga menjadi momentum bagaimana pemerintah daerah bersama media melakukan ekspos pangan, agar bisa lebih memiliki daya saing,” ujarnya.

Ia menuturkan, komoditas unggulan yang bakal dikenalkan dapat memiliki daya saing dan pangsa pasar yang lebih luas. Harus bisa memperkenalkan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang selama ini mempunyai potensi pasar tetapi belum dikenal secara luas oleh para investor maupun yang membutuhkan.

“Produk yang sudah punya pasar dan prospektif bahkan sudah ke internasional itu tidak adalagi masalah. Namun produk kita yang sudah memiliki kemampuan berkompetisi di pasar perlu di ekspos terutama di sektor ekonomi kreatif,” tuntasnya. (cr4/nir)

  • Bagikan