Rektor UHO Sambut Baik Pendirian ITK Buton di Bumi Anoa

  • Bagikan

Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun F (lima dari kiri) saat menghadiri penyerahkan SK izin pendirian ITK Buton, Senin (31/1).

KENDARI, BKK- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Prof Muhammad Zamrun Firihu menyambut baik pendirian Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton.

Menurutnya, kehadiran ITK Buton di Bumi Anoa merupakan anugrah yang juga selaras dengan visi misi Gubernur Sultra Ali Mazi.

“Izin pendirian ITK Buton ini bukan sesuatu yang mudah, banyak lika- likunya. Banyak yang harus dilengkapi, tapi Alhamdulillah tidak butuh waktu lama, kurang dari 2 tahun,” ujarnya baru- baru ini.

Zamrun bilang, karena memang dokumen pendirian ITK Buton ini sudah sangat spesifik, disesuaikan dengan potensi di Sultra.

“ITK Buton ini sangat dibutuhkan di Sultra. Apalagi Sultra merupakan salah satu privinsi dengan potensi kelautan. Semoga ITK Buton ini dapat mengembangkan sektor perikanan dan kelautan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh Alvin Akawijaya Putra berterimakasih kepada semua pihak yang turut membantu pendirian ITK Buton.

Ia berharap, ITK Buton ini menjadi ITK nomor satu bukan hanya di Indonesia bagian timur, tetapi di seluruh wilayah Indonesia.

“Saya berharap, kehadiran ITK Buton bisa meningkatkan SDM di Indonesia khususnya bagi pemuda- pemuda di Buotn, sehingga bisa memajukan sektor perikanan dan kelautan,” pungkasnya.

Diketahui,  izin pendirian ITK Buton oleh  Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh resmi berdiri, menyusul terbitnya SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI No 25/E/O/2022, Senin (31/1)

SK tersebut diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultanbatara), Drs Andi Lukman MSi kepada Ketua Yayasan Alvin Akawijaya Putra. (din/man)

  • Bagikan