Surunuddin Ajak Masyarakat Konsel untuk Vaksin Booster

  • Bagikan

Saat Bupati Konsel lakukan vaksinasi booster.

ANDOOLO, BKK – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Konsel untuk vaksin booster (dosis ketiga) coronavirus disease (Covid-19).

Menurutnya, vaksinasi booster untuk meningkatkan kembali imunitas yang sudah mulai turun dan memperpanjang masa perlindungan dari wabah Covid-19.

Apa lagi, kata orang nomor satu di Konsel itu, sekarang ini peningkatan penularan covid-19 di daerah Jawa semakin meningkat dengan munculnya virus varian Omicron. Olehnya itu masyarakat harus lebih berhati-hati dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan (Prokes).

“Saya bersama wakil bupati berserta Istri dan anak telah melakukan vaksinasi dosis ketiga, untuk itu saya mengajak juga seluruh masyarakat konsel untuk melakukan vaksin booster guna meningkatkan imun tubuh,” ucap Bupati Konsel dua periode ini usai melakukan vaksin booster.

Sementara itu, Wabup Konsel Rasyid menyampaikan, dosis ketiga yang saat ini digunakan adalah Vaksin Pfizer. Dan dirinya tidak merasakan gejala apapun setelah di vaksin booster.

Olehnya itu, mantan anggota DPRD Sultra menghimbau bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga.

“Mudah-mudahan mampu melindungi diri kita dari wabah Covid-19,”harapnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Konsel dr Boni Lambang Pramana menjelaskan, vaksin booster diberikan bagi warga yang berusia lebih dari 18 tahun yang telah divaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan, dan prioritas utama booster diberikan bagi kelompok-kelompok rentan seperti lansia di atas usia 60 tahun dan bagi penderita imunokompromais.

“Vaksinasi booster covid-19 adalah vaksinasi setelah seseorang mendapatkan vaksin primer dosis lengkap 1 dan 2,” jelasnya.

Ditambahkannya, vaksin booster mulai dilaksanakan serentak sejak 12 Januari lalu. Dengan jenis vaksin yang diberikan sesuai dengan riwayat penerimaan vaksin dosis 1 dan 2 serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasi.

“Booster 1/2 dosis astrazeneca, atau 1/2 dosis pfizer bagi yang telah mendapat vaksin primer sinovac. Kemudian booster 1/2 dosis moderna bagi yang telah mendapatkan vaksin primer astrazeneca,” terangnya. (ril/nir)

  • Bagikan