RSUP Bahteramas Kirim Sampel Pasien Covid-19 ke Makassar untuk Memastiakan Varian Delta atau Omicron

  • Bagikan

dr Hasmudin SpB. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Pihak Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas Kendari mengirim beberapa sampel pasien Covid-19 ke laboratorium Makassar untuk memastikan varian virus yang menyerang mereka.

“Kita belum tahu jenis virusnya. Sampelnya kita kirim ke Makassar untuk diketahui apakah dia omicron atau delta,” ujar Direktur RSUP Bahteramas dr Hasmudin SpB, Kamis (3/2).

Dikatakan, Bahteramas belum memiliki alat untuk mendeteksi varian omicron dan delat. Sehingga, sampel para pasien harus dikirim ke Makassar.

Hasmudin menuturkan, mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil antigen positif dan PCR. Namun, mereka tidak rawat ini karena hanya merasakan gejala ringan.

“Mereka isolasi mandiri saja karena gejala ringan,” tandasnya.

Saat ini, beber Hasmudin, hanya ada 1 pasien suspect yang dirawat. Pasien tersebut merupakan anak-anak yang berasal dari Kota Kendari. Saat ini masih menunggu hasil PCR.

“Dia diperiksa hari ini (kemarin,red), belum ada hasil PCR-nya. Jadi hanya satu orang anak-anak yang kita rawat, saya lihat masih suspect. Belum positif,” tegasnya.

Hasmudin meminta, masyarakat tetap taat protokol kesehatan (prokes). Selain itu, masyarakat juga harus meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengikuti vaksinasi yang telah diprogramkan pemerintah. (cr3/man)

  • Bagikan