DPMD Konsel Bangun Konektivitas Desa Digital Lewat BUMDes

  • Bagikan

Anas Mas’ud.

ANDOOLO, BKK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konawe Selatan (Konsel), bangun konektivitas desa digital lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Alhamdulillah, ada salah satu desa di Kecamatan Buke yang memanfaatkan internet desa melalui BUMDes,” ujar Kepala PMD Konsel Anas Mas’ud, Kamis, (3/2).

Anas mengaku, BUMDes di Desa Asembu Mulya kini telah mendapatkan pendampingan dari kemenkominfo, untuk perjanjian kerja sama dengan Internet Service Provider (ISP).

“Mungkin pada saat pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) ada penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Kominfo,” kata mantan Kadis Kominfo Konsel itu.

Ia berharap, ke depan internet desa bisa menjadi lini terdepan dalam mengembangkan program Desa Maju Konsel Hebat yang disupport oleh BUMDes.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel telah menyiapkan aplikasi website desa dan sistem informasi desa, sedangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) menyiapkan aplikasi simcard (pelayanan online capil),” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya internet desa ini dapat mendorong desa bisa memanfaatkan internet berbasis fiber optic, bukan berbasis kuota ataupun yang memakai antena satelit.

“Kita juga akan buat kegiatan pelatihan bagi admin. Tenaga pelatihnya dari dinas kominfo, yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD). Dan kami siap memfasilitasi bagaimana ini bisa dilaksanakan setiap kecamatan,” tuntas Anas. (ril/nir)

  • Bagikan