Tahun ini UHO Sediakan Kuota 8.855 Maba

  • Bagikan

Dr La Hamimu.

KENDARI, BKK- Tahun ini Universitas Halu Oleo (UHO) membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) dengan total kuota sebanyak 8.855 orang.

Wakil Rektor (WR) I UHO Dr La Hamimu mengatakan, ribuan maba tersebut tersebar di 3 jalur seleksi, yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN).

Ia menjelaskan, kuota SNMPTN sebanyak 2.588 orang, SBMPTN sekitar 3.393 orang, dan SMMPTN sebanyak 2.874.

“Saat ini masih berlangsung tahapan pelaksanaan SNMPTN 2022, dan diikuti seluruh siswa SMA sederajat di Sulawesi Tenggara (Sultra). Termasuk dari provinsi lain,” ujarnya, Jumat (4/2).

Untuk jalur SNMPTN atau jalur prestasi ini, sebut dia, langsung ditangani oleh lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Lanjut dia, SBMPTN juga seleksinya juga dilaksanakan oleh panitia pusat. Kecuali sambung dia, SMMPTN ditangani langsung panitia lokal, yakni mulai pendaftaran sampai penentuan kelulusan dengan mengutamakan indeks prestasi.

“Setiap tahun pendaftar di UHO semakin meningkat, otomatis persaingan di masing- masing jurusan juga¬† semakin ketat,” ucapnya.

Dirinya mengingatkan, SNMPTN ini bukan satu- satunya jalur  masuk di perguruan tinggi negeri (PTN). Bagi siswa yang tidak terkafer, tetap mempersiapkan diri untuk mengikuti SBMPTN dan SMMPTN. (din/iis)

  • Bagikan