Pemkab Konsel Belajar Pengelolaan Keuangan di Pemkot Surabaya

  • Bagikan

Suasana rapat pertemuan antara Pemkab Konsel dan Pemkot Surabaya.

ANDOOLO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dipimpin langsung Wakil Bupati Konsel Rasyid, melakukan studi banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Rombongan Pemkab Konsel tersebut turut didampingi Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, dan sejumlah anggota dewan lainnya, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Sjarif Sajang, Kepala BKAD Konsel Mujahidin, dan sejumlah ASN lingkup BKAD Konsel, di Balai Kota Surabaya, Kamis (3/2).

Kedatangan Pemkab Konsel diterima langsung Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, didampingi BPKAD Kota Surabaya, Inpektorat, dan Bagian Pengadaan barang dan jasa Setda Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Konsel Rasyid memuji pengelolaan keuangan Pemkot Surabaya, yang mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama sembilan kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan.

“Konsel perlu belajar ke Kota Surabaya bagaimana pengelolaan keuangan dan aset daerah, sehingga mendapat opini WTP dari BPK,” ujar Rasyid dihadapan peserta rapat.

Pasangan Bupati Surunuddin Dangga ini menambahkan, meraih prestasi WTP sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun bagaimana mempertahankan opini tersebut itu butuh tips dan trik dari Pemkot Surabaya.

“Itu yang hendak kami ketahui dari Pemkot Surabaya,” ujar mantan anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menjelaskan, sejak kepemimpinan Bambang DH telah meletakkan pondasi pembangunan yang kuat, dilanjutkan Tri Rismaharini yang mampu membawa Surabaya ke kancah dunia hingga saat ini diteruskan oleh kepempimpinan Eri Cahyadi-Armuji.

“Hampir semua layanan sistem pemerintahan mulai keuangan dan pembangunan menggunakan sistem daring. Contohnya, E-Musrenbang dan E-Budgeting untuk meminimalisir kebocoran anggaran,” ujar Armuji.

Selain itu, kata pasangan Eri Cahyadi ini berbagai sistem secara daring itu dijalankan, muaranya adalah dapat memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan kesejahteraan bagi warga kota Surabaya.

Ia berharap, Pemkab Konsel dan Pemerintah Kota Surabaya sepakat untuk menjaga hubungan kerja sama dan meningkatkan peluang kerja sama di masa mendatang. (ril/nir)

  • Bagikan